4 Tarian Indonesia yang Terkenal di Kancah Internasional

Indonesia telah memberikan budaya yang sangat beragam dengan tarian menjadi bagian utuh darinya. Orang Indonesia menyebutkan tarian sebagai perayaan tubuh dan kebebasan dan mereka mengakuinya. Tarian adalah mode ekspresi yang kuat yang menyatukan drama dan musik yang penuh emosi. Tarian Indonesia awalnya dimulai di antara penduduk lokal daerah masing-masing.

How To Live In Minimalist Way

Bentuk-bentuk tarian populer tidak hanya tersohor di dalam negeri tetapi juga di negara-negara lain. Ada banyak macam bentuk tarian yang unik yang meraka tampilkan. Makna penting dari tarian Indonesia tidak sama antara satu dengan yang lain. Beberapa tarian dipersembahkan untuk perayaan sementara beberapa untuk ritual wajib. Untuk beberapa daftar, berikut adalah beberapa tarian populer di Indonesia.

Inilah 4 Fitur Tersembunyi Dalam Whatsapp Yang Jarang Diketahui Oleh Banyak Orang

Tari Piring, Minangkabau

Dikenal sebagai tari piring, bentuk tarian Indonesia ini adalah tentang ketelitian dan keeleganan dalam langkah-langkah tarian bersama dengan piring. Tarian ini berasal dari penduduk asli Minangkabau yang menggambarkan budaya mereka. Ini menyimbolkan panen padi yang berbuah dan melalui penampilan Piring yang sempurna mereka mengungkapkan rasa terima kasih kepada para Dewa.

Makan Seger Yang Populer Di Internet

Tarian ini memiliki dua puluh gerakan tarian yang berbeda dengan memakai akrobat juga. Diiringi simfoni musik talempong dan saluang, sekitar 3-5 penari tampil dengan tempo cepat, memperingati semangat kebahagian dan kekompakan.

Tari Merak, Jawa Barat

Berasal dari tanah Pasundan, Merak adalah bentuk tarian Indonesia yang indah. Ini adalah tindakan salam di awal upacara pernikahan. Tarian ini mewujudkan daya tarik burung merak betina oleh pejantannya.

Untuk tarian ini, para wanita mengenakan kostum berdesain rumit dari burung merak. Bentuk tarian ini melambangkan gerakan burung yang megah. Itu penuh dengan keanggunan dan kehalusan. Para wanita menari dengan mudah mengikuti nada merdu dan mempesona penonton dengan ketenangan mereka.

Tari Kecak, Bali

Dikenal secara internasional sebagai “Nyanyian monyet Ramayana”, Tari Kecak adalah bentuk tarian Indonesia Hindu Bali dan teater musikal yang dilakukan terutama oleh laki-laki di pura dan desa di seluruh Bali.

Dikembangkan pada tahun 1930-an di Bali, Indonesia, tarian ini dianggap sebagai salah satu pertunjukan tradisional paling spektakuler di Indonesia karena umumnya dibawakan oleh lingkaran sebanyak 150 penari yang mengenakan pakaian kotak-kotak di pinggang mereka, melantunkan ‘chak’ di cara perkusi sambil menggerakkan tangan dan lengan mereka.

Keunikan dari tarian Indonesia ini adalah tidak menggunakan panggung buatan dan tidak melibatkan alat musik apapun. Itu harus dilakukan saat matahari terbenam, di udara terbuka, biasanya di atas tebing yang menghadap ke laut, karena pertunjukannya sepenuhnya bergantung pada cahaya alami hari itu. Saat matahari terbenam, cerita berlanjut dengan langit oranye yang semakin gelap dari waktu ke waktu.

Tarian ini menggambarkan pertempuran dari Ramayana, di mana prajurit mirip monyet yang dikenal sebagai Vanaras, dipimpin oleh Hanuman, membantu Pangeran Rama dalam memerangi Raja Rahwana yang jahat.

Budaya Dan Kultur Dan Juga Orang Yang Berbeda Slot

Tari Reog, Ponorogo, Jawa Timur

Merepresentasikan dunia gelap, mistis dan supranatural, Reog dikenal di dalam negeri maupun luar negeri. Tarian Indonesia ini ditampilkan hanya pada malam bulan purnama untuk memberi efek yang mempesona. Tarian ini memakai kostum yang riuh dan berbahaya dan dikenal unik bagi banyak penonton. Bentuk tarian ini mempunyai cerita yang sangat menarik di baliknya.

Awalnya dikisahkan oleh Ki Ageng Mirah dalam perkelahian hebat antara Raja Ponorogo dan makhluk mirip singa bernama Singa Barong. Ini mengikut-sertakan partisipasi dua puluh hingga tiga puluh pemain dengan sosok seperti singa dan warok di garis depan. Pertunjukan mereka diiringan dengan instrumen gamelan seperti ketuk, kenong dan kempul.

Dengan keanekaragaman tarian Indonesia kita menjadi sadar bahwa Indonesia sangat kaya akan kebudayaannya. Gerakan ritmis yang anggun dari tarian-tarian tradisional mewakili keharmonisan dan keindahan Indonesia.